Selain kulit, ada juga bagian lain yang membutuhkan perawatan yang tepat salah satunya gigi. Perawatan gigi ini sebenarnya sudah sering sekali ditanamkan sedari kita kecil baik dari ajaran orang tua maupun guru di sekolah. Sayangnya masih banyak yang menyampingkan hal tersebut, dan efeknya adalah gigi terlihat kuning. Tentu kamu pasti tidak ingin kan mempunyai kulit yang bersih tapi gigi kamu berwarna kuning? Ada beberapa cara memutihkan gigi kuning dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan.

Sebelum itu, kamu harus menyadari dahulu kenapa merawat gigi menjadi salah satu hal yang penting? sama seperti kulit ataupun rambut, jika salah satu elemen tersebut mengalami masalah tentu akan mengurangi kepercayaan diri kita masing-masing. Bukan hanya itu saja, efek samping dari lalaynya merawat gigi akan berasa di saat hari tua nanti. Dimana gigi kamu sudah tidak sekuat saat muda dan mudah copot serta bolong. Tentu kamu tidak ingin bukan seperti itu di hari tua nanti?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam merawat gigi, seperti rajin menyikat gigi, rajin periksa ke dokter gigi dan lain sebagainya. Tetapi sayangnya kamu harus merogoh kocek untuk periksa ataupun sekedar konsultasi ke dokter gigi. Bagaimana jika ada cara merawat gigi tanpa harus mengeluarkan modal banyak? tentu ada caranya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada.

Nah bahan-bahan di bawah ini adalah rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi kuning yang telah dirangkum dari beberapa dokter gigi. Yuk disimak!

Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Bahan Alami

1. Garam

Cara memutihkan gigi kuning - garam

Tentu sudah tidak asing bukan hubungan antara garam dengan gigi? biasanya garam digunakan sebagai obat berkumur ketika kita mengalami sakit gigi. Selain itu ternyata garam bisa membuat gigi terlihat lebih putih. Di dalamnya sudah terdapat kandungan zat seperti fosfor, flour, kalium, magnesium dan natrium. Zat tersebut mempunyai peran penting dalam perawatan gigi sekaligus membunuh bakteri di gusi.

Cara membersihkan gigi menggunakan garam juga terbilang mudah. Kamu hanya harus mencampurkan garam dengan air hangat.

Sediakan garam sebanyak 1 sendok makan lalu tuangkan di dalam wadah yang sudah dicampurkan dengan air hangat. Aduk garam dengan air hangat tersebut hingga larut. Selanjutnya berkumurlah menggunakan larutan tersebut sekitar 1 hingga 2 menit. Setelah itu baru lanjutkan prosesnya dengan menyikat gigi kamu. Untuk hasil yang maksimal, lakukan proses ini secara rutin sampai gigi kamu terlihat memutih.

Selain berkumur, ada juga metode lainnya dengan menggunakan garam. Yaitu dengan mencampurkan garam ke dalam pasta gigi yang ingin kamu gunakan untuk menyikat gigi.

2. Daun Sirih

Bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Biasanya bahan ini sering sekali digunakan oleh orang tua kita yang sudah lama tinggal di pedesaan. Banyak orang meyakini bahwa daun sirih memiliki sifat antiseptik yang bisa membersihkan dan membuat mulut kamu tampak segar. Selain itu juga bisa membuat gigi kamu tampak lebih putih.

Caranya ada dua yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan daun sirih. Pertama, sediakan satu atau dua daun sirih yang masih segar. Daun itu kamu gosokkan secara merata ke seluruh bagian gigi kamu.

Nah untuk cara yang kedua kamu bisa merebus daun sirih tersebut. Kemudian berkumurlah dengan air rebusan tersebut hingga beberapa kali.

3. Siwak

Cara memutihkan gigi kuning - siwak

Kamu penah dengar yang namanya siwak? bahan alami yang berasal dari ranting atau akar pohon arak (salvadora persica) ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk gigi. Kamu bisa menjumpai pohon ini di daerah kawasan Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Kandungan di dalamnya terdapat antibacterial acids seperti astringents, abrasive dan deterjen yang mampu membunuh bakteri dan mencegah infeksi di daerah gigi.

Banyak juga kandungan lainnya seperti klorida, fluoride, silika, dan vitamin C yang berguna juga untuk membersihkan gigi sekaligus memutihkan dan menyehatkan gigi.

Cara yang bisa kamu lakukan dengan siwak adalah cukup dengan mengambil satu batang siwak lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu gosok siwak yang telah halus ke daerah gigi hingga merata. Kalau ingin mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah proses ini 2 atau 3 kali sehari.

4. Lemon

Cara memutihkan gigi kuning - lemon

Buah yang satu ini memang tidak pernah lepas dari namanya kandungan sehat. Buah yang bernama lemon ini memang terkenal sekali akan kandungannya yang kaya akan manfaat. Kandungan asam yang terdapat di dalam lemon bisa mengangkat bakteri penyebab gigi kuning.

Kamu cukup sediakan 1 buah lemon yang masih segar, baking soda, wadah kecil dan sikat gigi. Setelah semua bahan-bahan tersebut tersedia, peras lemon yang sudah dibelah ke dalam wadah yang sudah disediakan.

Ambil baking soda 1/2 sendok teh lalu campurkan ke dalam wadah perasan lemon. Aduk hingga rata dan masukkan sikat gigi ke dalam wadah tersebut. Lalu gosokkan sikat gigi tersebut ke gigi kamu selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu kumur dengan air bersih hingga napas kembali segar.

5. Cuka Apel

Untuk bahan alami yang terakhir adalah cuka apel. Biasanya bahan ini sering digunakan sebagai campuran bahan makanan agar menambah cita rasa makanan tersebut.

Kandungan di dalamnya terdapat asam asetat, magnesium dan potasium yang berguna untuk merontokkan kotoran atau bakteri di dalam gigi.

Kamu tinggal sediakan 1 sendok cuka apel dan gosokkan secara merata ke seluruh gigi. Selain cara tersebut, ada juga beberapa cara menggunakan cuka apel. Salah satunya dengan mencampurkan cuka apel dengan garam dan air perasan lemon.

Untuk caranya cukup mudah, kamu harus sediakan 1 sendok makan garam, satu setengah sendok makan cuka apel dan lemon yang sudah diperas di dalam suatu wadah. Kemudian campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Lalu kumurlah dengan bahan-bahan campuran tersebut selama 5 sampai 10 menit. Setelah selesai, lanjutkan kembali dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa agar mendapatkan hasil maksimal. Lakukan proses ini secara rutin setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *